Jum`at, 20 September 2024

INFORMASI :

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Quisque semper tellus id quam sollicitudin, non congue enim bibendum.

MEMPERINGATI SELAPANAN THARIQAH NAQSHBANDIYAH 3 KECAMATAN DI MASJID AL IKHLAS DUKUH PEJATEN

MEMPERINGATI SELAPANAN THARIQAH NAQSHBANDIYAH 3 KECAMATAN DI MASJID AL IKHLAS DUKUH PEJATEN

(18/07/2027)- Di Masjid Al Ikhlas Dukuh Pejaten Desa Tanjungsari diadakan Kegiatan Selapanan dengan Thariqah Naqshbandiyah, Selapanan adalah sebuah ritual keagamaan yang lazim dilakukan di beberapa daerah di Indonesia, khususnya Jawa.

Thariqah Naqshbandiyah merupakan salah satu dari banyak tarekat (tariqah) yang ada dalam Islam. Tarekat ini terkenal dengan penekanannya pada zikir hati (dzikr al-qalbi) dan pengendalian diri (mujahadah). Para pengikut Thariqah Naqshbandiyah mengutamakan pengembangan spiritualitas dan kebersihan batin, dengan tujuan untuk mencapai kesempurnaan diri dalam mencintai dan mendekatkan diri kepada Allah.

Pada peringatan Selapanan dengan Thariqah Naqshbandiyah di Masjid Al Ikhlas Dukuh Pejaten, kegiatan-kegiatan yang dilakukan diantaranya, para jamaah dan pengikut Thariqah Naqshbandiyah berkumpul untuk melakukan dzikir bersama. Dzikir dilakukan dengan pengulangan kalimat-kalimat tasbih dan tahmid, sebagai bentuk pengingatan akan kebesaran Allah. Ustadz atau tokoh agama memberikan ceramah yang mengupas makna dan pentingnya Selapanan serta ajaran-ajaran Thariqah Naqshbandiyah. Ceramah ini juga menjadi sarana untuk mengedukasi jamaah tentang bagaimana meningkatkan kualitas ibadah dan spiritualitas.

Peringatan Selapanan dengan Thariqah Naqshbandiyah bukan sekadar tradisi rutin, tetapi sebuah momen untuk memperkokoh hubungan dengan Allah dan sesama. Melalui kegiatan ini, umat Muslim di 3 Kecamatan mengamalkan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari, serta memperkuat rasa persaudaraan dan solidaritas sosial

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter