Jum`at, 20 September 2024

INFORMASI :

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Quisque semper tellus id quam sollicitudin, non congue enim bibendum.

DONOR DANAR

DONOR DANAR

DESA TANJUNGSARI tanggal 27 Februari 2023 telah melaksanakan                        Donor Darah di Dukuh Kepadon RT. 004 RW. 002 tepatnya, di utara Pasar Gamblok. Kegiatan donor darah rutin dilakukan setiap 3 (tiga) bulan sekali, yang dilakukan oleh pemuda IPPEK (Ikatan Pemuda Pemudi Kepadon) bekerja sama dengan PMI (Palang Merah Indonesia) Kabupaten Kebumen. Peserta Donor melibatkan pemuda dan pemudi Dukuh Kepadon dan masyarakat sekitar Desa Tanjungsari termasuk bagi peserta sukarelawan yang ikut donor di luar Desa Tanjungsari. Donor tersebut bersifat sukarelawan, yaitu bersifat terbuka bagi yang memiliki jiwa sosial untuk menyumbangkan darahnya bisa ikut terlibat pada kegiatan tersebut.

 

Donor darah yang dilakukan di niatkan oleh ketua Karang Taruna Desa, Mas Arif, “supaya dapat membantu orang lain yang sedang membutuhkan darah segar, sekaligus sebagai edukasi tentang pentingnya donor darah bagi masyarakat”. Mas Arif juga menyampaikan, sebelum mulai pelaksanaan donor darah juga diadakan promosi dengan memasang banner seminggu sebelum pelaksanaan serta membroadcase pamflet yang berisikan pentingnya donor dan manfaat (edukasi) melalui gadget yang dimiliki oleh setiap anggota IPPEK, yang dilakukan melalui status Whats app.

 

Kegiatan tersebut direspon baik oleh para masyarakat desa, buktinya dengan terus bertambahnya minat pendonor baik tiap kalangan. Peminat donor kebanyakan dari kalangan anak muda kisaran usia remaja antara 17 tahun – 25 tahun. Pendonor dengan usia di atas 26 tahun memiliki jumlah yang lebih sedikit kisaran antara 15 pendonor. Bahkan Desa Tanjungsari mendapatkan penghargaan berupa piala karena termasuk salah satu pendonor terbanyak dan teraktif.

 

Pelaksanaan donor darah berjalan dengan lancar tanpa kendala, kegiatan dimulai sejak pukul 09.00 WIB sampai 12.30 WIB mendapatkan pasien 61 orang dan 61 kantong darah. Manfaat donor menurut mereka, merasa senang karena membuat badan lebih sehat dan lebih enteng untuk melakukan aktifitas sehari-hari. Red. Bapak Jumali

 

 

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter