INFORMASI :

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Quisque semper tellus id quam sollicitudin, non congue enim bibendum.

BANK SAMPAH KERJASAMA PEMBELI

BANK SAMPAH KERJASAMA PEMBELI

DESA TANJUNGSARI tanggal 3 Desember 2023 telah melaksanakan                        Bank Sampah. Kegiatan rutin dilakukan setiap 1 (satu) bulan sekali, yang dilakukan oleh Organisasi Pengelolaan bank sampah dengan nama “MENDOGATEN  Lestari” atau Mentasari, Kepadon,  Gandu dan  Pejaten dan juga bekerja sama dengan Kader-kader ibu PKK tingkat RT (Rukun Tetangga). Pekerja melibatkan Ketua RT serta warga tetangga yang sudah ditempatkan oleh perkelompok/RT dan masyarakat sekitar Desa Tanjungsari termasuk bagi peserta sukarelawan yang ikut mengambil sampah yang berpotensi di pos-pos Tempat Penampungan Sampah Sementara. Bank tersebut bersifat sukarelawan, yaitu bersifat terbuka bagi yang memiliki jiwa sosial untuk mengumpulkan sampahnya yang bisa ikut berpartisipasi pada kegiatan tersebut.

Bank Sampah yang dilakukan oleh Ketua Pengurus ibu-ibu dan sebagian Bapak-bapak, Ibu Ketua Korwil (Koordinator Wilayah), “supaya dapat membantu orang lain yang sedang membutuhkan kebersihan lingkungan, sekaligus bermanfaat sebagai contoh tentang pentingnya sampah bagi masyarakat”. Ketua Bank Sampah juga menyampaikan, sebelum mulai pelaksanaan penarikan/pengambilan juga dibuatkan Grup Kader Desa Tanjungsari dengan persiapan seminggu sebelum pelaksanaan serta informasi yang berisikan pentingnya sampah  yang manfaat (edukasi) melalui gadget yang dimiliki oleh setiap anggota Ibu-ibu Perangkat Desa, yang dilakukan melalui status Whats app.

Kegiatan tersebut direspon baik oleh para masyarakat desa. Peminat pengumpul sampah kebanyakan dari kalangan ibu-ibu rumah tangga. Sampah-sampah rumah tangga yang terjadi hanya menumpuk/dihanguskan untuk saat ini menjadi inkam. Bahkan Desa Tanjungsari mengalokasikan/ventaris alat fasilitas mempercepat lajunya target, efisien waktu dan juga praktis pengangkutannya karena termasuk salah satu penyemangat  dan aktif.

Pelaksanaan mengangkut-memilah  berjalan dengan lancar tanpa kendala, kegiatan dimulai sejak pukul 08.00 WIB sampai 14.00 WIB. Manfaat bank sampah menurut mereka, merasa senang karena membuat lingkungan hidup menjadi lestari, kesehatan terjaga, dan juga kebersihan lebih nyaman untuk melakukan aktifitas sehari-hari. Red. Pengurus harian

       "Terima kasih atas kerjasama yang dilakukan dari semua pihak yang terlibat”.


Download Dokumen Terlampir :

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter