INFORMASI :

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Quisque semper tellus id quam sollicitudin, non congue enim bibendum.

Pelatihan BPD (Badan Permusyawaratan Desa0

Pelatihan BPD (Badan Permusyawaratan Desa0

TANJUNGSARI - Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Tanjungsari dalam rangka upaya peningkatan kapasitas BPD, mengadakan pelatihan Peningkatan Kapasitas BPD yang bersumber dari Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2022. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari rabu, 16 November 2022 di Gedung PKD (Poliklinik Desa) dengan Narasumber Drs. Ahmad Djunaedi, dari FORMASI Kebumen. Diikuti oleh 7 orang anggota BPD dan dihadiri juga Kepala Desa, Sekdes, Kasi Pemerintahan desa Tanjungsari.

Dalam pemaparannya Drs. Ahmad Djunaedi menggunakan sistim shering. Dalam shering dengan anggota BPD aad 2 hal yang akan dibahas dalam pelatihan yaitu tentang aspirasi dan fungsi pengawasan BPD.

BPD dalam melakukan penggalian aspirasi masyarakat dapat dilakukan langsung kepada kelembagaan dan masyarakat Desa. Aspirasi masyarakat selanjutnya diadministrasikan dan disampaikan dalam musyawarah BPD. BPD menyalurkan aspirasi masyarakat dalam bentuk lisan dan atau tulisan.

Pengawasan dilakukan dengan berbagai cara dari :

1.  Kegiatan, melihat, dan memantau. Kegiatan suatu pekerjaan berlangsung yang perlu diperhatikan rancangan, ukuran, nilai.

2.  Secara proses penilaian pada saat pelaksanaan kegiatan memakai sistim monitoring langsung. Lebih jauh setelah berlangsungnya kegiatan yang sudah berjalan diulas sesuai monev (monitoring dan evaluasi)

3.  Evaluasi untuk tahun yang akan datang atau mengingatkan tahun lalu.

4.  Pelaksanaan proyek yang menjalankan Pihak ke 3 dengan perencanaan sampai nominal harga standar.

Kegiatan pelatihan berlangsung dengan santai namun serius serta penuh keakraban, hingga tak terasa waktu menunjukkan pukul 23:35 Wib.

"Terima kasih atas semua materi yang disampaikan oleh para narasumber. Materi yang disampaikan sangat tepat sesuai dengan tugas kami selaku BPD,"ujar Ketua BPD Tanjungsari.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter