INFORMASI :

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Quisque semper tellus id quam sollicitudin, non congue enim bibendum.

SILATURAHMI (HALAL BIHALAL) KELUARGA BESAR MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 (MIN 2) KEBUMEN

SILATURAHMI (HALAL BIHALAL) KELUARGA BESAR MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 (MIN 2) KEBUMEN

Pada Tanggal  18 April 2024 keluarga besar MIN 2 Kebumen telah melaksanakan silaturahmi (halal bihalal) di Kantor Desa Tanjungsari. Pada acara ini disambut hangat oleh Kepala Desa Bapak Cherudin dan Perangkat-Perangkatnya juga Staf dan Pegawai Desa. Dalam acara ini langsung diikuti  oleh Kepala Desa dan Kepala Sekolah Bapak Imam Muzaqi, M.Pd. serta para Guru dan juga Karyawan Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kebumen. Sudah menjadi adat istiadat dalam memon lebaran ini saling silaturahmi dan maaf memaafkan. Halal bihalal umumnya digelar di lingkungan keluarga besar, kantor, ataupun sekolah. Sebutan halal bihalal merujuk pada tradisi yang berkenaan dengan kegiatan menguraikan kekusutan tali persaudaraan. Tradisi tersebut dikembangkan secara mandiri oleh masyarakat muslim Indonesia.

Selain itu, halal bihalal juga dapat disangkutkan dengan kalimat halla-yahallu-hallan, yang bermakna terurai atau terlepas. Ini artinya kegiatan tersebut adalah ajang untuk memulihkan hubungan persaudaraan setelah Hari Raya Idul Fitri. Hanya melalui acara ini, hubungan sesama manusia yang sempat datar atau rusak dapat disatukan kembali dengan bermaaf-mafaan. Pemaknaan ini sesuai dengan makna dari istilah Idul Fitri, yang bisa dipahami sebagai kembali ke suci. Dengan kata lain, hal itu dapat membersihkan segala dosa, kesalahan, maupun keburukan dari jiwa manusia. Yang bertempat di Kantor Pemerintah Desa Tanjungsari Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen, pukul 11.30 WIB.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Peringati Hardiknas, Bupati Kebumen Upayakan Para Guru Honorer Diangkat PPPK
Peringati Hari Buruh, Bupati Kebumen Sebut Angka Penganguran Turun
Berkomitmen Majukan Pendidikan, Bupati Kebumen Raih Penghargaan Detik Jateng-Jogja Awards
Puluhan Ribu Warga Padati Alun-alun Pancasila, Nobar Timnas U-23 vs Uzbekistan
Silaturahmi dengan PPDI, Bupati Minta Perkuat Sinergitas

Arsip Berita

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2